Tips Menarik Bagi Wanita Saat Menstruasi

Sudah jadi “takdir” seorang perempuan, jika setiap bulan mereka mengalami kondisi yang kurang memberikan kenyamanan. Saat datang bulan atau menstruasi, banyak perempuan yang mengalami berbagai kondisi, mulai dari emosi yang labil, mengalami gejala anemia, hingga pendarahan yang hebat (menorrhagia). Tak heran, jika data dari Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) Departemen Kesehatan Indonesia, tingkat penderita anemia perempuan—yang notabene pasti mengalami menstruasi setiap bulan—mencapai angka 40%.


Untuk itu, menurut dokter Nanni Djaja, SpGK, dokter spesialis gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya, makanan-makanan yang mengandung zat besi haruslah menjadi rujukan utama dalam menu yang dikonsumsi. Dalam hal ini, untuk menjaga energi agar selalu maksimal, maka makanan seperti daging berwarna merah, daging unggas, padi-padian, kuning telur, susu, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau tua, serta buah-buahan seperti jeruk dan tomat dapat menjadi rujukan untuk menjaga tubuh agar selalu sehat.

Berikut, Nanni memberikan contoh menu seimbang untuk perempuan agar bisa mengurangi potensi mengalami gejala anemia dan bisa selalu sehat berenergi sepanjang hari.

Sarapan pagi
Telur matang satu buah
Susu rendah lemak 200 ml (satu gelas)
Selingan: bubur kacang hijau satu mangkuk

Makan siang
Nasi 200 gram
Sayur tumis kangkung
Semur daging kentang (satu potong sapi 50 gram)
Sup kacang merah satu mangkuk
Air jeruk satu gelas
Selingan: kue sus satu buah

Makan malam
Nasi 200 gram
Capcay satu mangkuk kecil
Ayam porsi kecil
Sapo tahu satu mangkuk kecil
Jus strawberry satu gelas
Selingan: sebelum tidur susu rendah lemak 200 ml (satu gelas)

1 comments:

Alat Kedokteran said...

info yang berharga tuh Gan,...

Post a Comment

Popular Posts

berita terbaru |home design | support by sneakers | google.co.id google.com
Contact | Privacy Policy | Sitemap